Trafo Ballast Rusak, Yakin? Cek Dulu Yuk?

Trafo Ballast

Sesuai judul di atas, kenapa saya menyarankan sahabat untuk tidak mudah memvonis bahwa trafo ballast rusak sebelum sahabat menggantinya dengan yang baru, alangkah baiknya sahabat cek dulu di bagian ini sebelum benar-benar menggantinya dengan yang baru, karena jika sahabat sudah mengecek salah satu bagian dari trafo ballast tersebut dan ternyata tidak rusak sehingga dapat di gunakan kembali, maka sahabat tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli yang baru, karena jenis trafo ini cukup mahal loh sahabat, sekitar 20 rb sampai 150 rb rupiah untuk masing-masing ukuran, nominal terkecil saja udah bisa di bilang mahal untuk kalangan menengah ke bawah, jika demikian kan lumayan tuh bisa buat di tabung anggarannya hehe.

Nah, lalu bagian mana sih yang harus di cek sebelum sahabat memvonis bahwa trafo ballast tersebut rusak? Ini dia sahabat, sebenernya mudah, tidak perlu keahlian khusus karena siapapun bisa mengeceknya ataupun memperbaikinya.

Sahabat bisa lihat gambar di bawah, ada dua lubang konektor, caranya coba sahabat buka atau lepas konektornya dari dudukan dengan cara mengendurkan kedua baut menggunakan obeng (-) kecil, bersihkan kedua plat tembaga dari karat atau lapisan cat jika memang berkarat atau tertutup cat, lalu pasang kembali konektornya dan kencangkan kedua baut tersebut, tes hasilnya dengan cara rakit kembali menggunakan lampu TL dan starter, taraaaa... jika lampu TL menyala maka cara ini berhasil dan sahabat tidak perlu lagi menggantinya dengan yang baru.

Trafo Ballast

Baca juga: Cara Mengetahui Kerusakan Rangkaian Lampu TL Dengan Cepat & Mudah
  
Semoga artikel yang minim kata ini dapat menambah sedikit pengetahuan dan bermanfaat bagi sahabat pembaca, terimakasih atas kunjungannya dan salam sukses.

0 komentar:

Post a Comment