Cara Mengganti Mainboard Printer Canon Pixma IP2770 Yang Mati Total


Mengingat printer sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi para pekerja kantoran, dengan sedikit pengetahuan tentang troubleshoot pada printer ini maka saya akan dengan senang hati berbagi artikel tutorial cara mengganti mainboard printer canon pixma IP2770 yang mati total untuk semua sahabat pembaca, karena apa? Pertama karena saya hobi ngeblog pastinya, hee, kedua karena saya suka berbagi informasi-informasi yang bermanfaat, dan yang ketiga agar semakin banyak sahabat pembaca yang mendapat kemudahan dalam menyelesaikan permasalahan pada printer jenis ini melalui artikel pada blog yang saya tulis, maupun artikel pada blog yang orang lain tulis.

Sebelum menuju titik permasalahan, perlu diketahui bahwa penyebab printer jenis ini mati total bukan hanya dari mainboardnya saja, bisa jadi penyebabnya ada pada kabel konektor yang terputus dan power supply yang rusak, maka alangkah baiknya sebelum sahabat membeli mainboard baru dan menggantinya, sahabat lakukan pengecekan terlebih dahulu pada kedua bagian tersebut antara kabel konektor yang terhubung langsung ke arus AC220V dari PLN dan lakukan pengecekan pada power supply-nya, jika kedua bagian tersebut dipastikan masih ok, maka sudah bisa di pastikan mainboardnya yang rusak sehingga harus dilakukan penggantian dengan mainboard yang baru, untuk harga mainboard baru dari printer jenis ini yang original berkisaran Rp.150.000,-, sahabat dapat membelinya via online maupun offline, dan sahabat bisa menggantinya sendiri tanpa harus membawa printer tersebut ke tempat servis sehingga dapat menghemat anggaran.

Mainboard Printer Pixma IP2770 (Original)
Penampakan diatas adalah mainboard printer pixma IP2770 original yang saya beli via online, mainboard tersebut kondisi second yang saya beli dengan harga berkisaran Rp.100.000,-, untuk cara penggantiannya sebagai berikut;

1. Cabut kabel konektor yang terhubung langsung ke arus AC200V dari PLN dan kabel data yang terhubung ke komputer.  
2. Lepaskan baut-baut yang ada pada cover printer menggunakan obeng, lalu lepas cover bagian atas.
3. Mainboard terletak persis di bagian bawah tombol power dan resume pada cover, jika cover sudah terbuka, lepaskan semua soket dan flexible yang terhubung pada mainboard, lepaskan flexible dengan hati hati.
4. Lepaskan mainboard yang rusak dengan cara lepaskan baut-baut yang menguncinya menggunakan obeng (+) kecil.
5. Pasang mainboard baru dan pasang kembali semua soket dan mainboard dengan hati-hati, jangan sampai ada yang terbalik.
6. Tes dahulu sebelum menutup covernya dengan menghubungkan kembali kabel konektor ke power supply printer, pencet tombol power, jika lampu indikator menyala berarti mainboard yang baru sahabat beli dan sahabat pasang memang benar" masih ok.
7. Tes kembali untuk print, jika bisa langsung untuk melakukan print maka sahabat telah sukses melakukan penggantian mainboard printer sendiri tanpa harus mengandalkan tukang servis.
8. Tutup kembali covernya dengan rapi.

Ok, mungkin cukup sekian artikel yang dapat saya tulis, semoga dapat membantu sahabat pembaca dalam menangani permasalahan pada printer pixma IP2770 yang mati total yang sahabat miliki, terimakasih atas kunjungannya dan salam sukses.

0 komentar:

Post a Comment