Membuat Sendiri Flasher Lampu Sein Motor / Mobil Durasi Kedip 0.3 Detik


Alhamdulillah, akhirnya saya diberi kesempatan untuk dapat menulis artikel mengenai cara membuat sendiri flasher lampu sein motor maupun mobil pada blog ini, semoga setiap artikel yang saya publish disini dapat bermanfaat bagi semua sahabat pembaca. Aamiin.

Seperti biasa sebelum saya menjelaskan panjang lebar mengenai inti dari setiap artikel yang saya tulis, sebelumnya akan saya jelaskan dahulu pengertian dari sebuah alat yang akan saya bahas ini, yaitu flasher lampu sein, adalah sebuah alat elektronik yang berfungsi sebagai pengatur kedip sebuah lampu sein, baik pada kendaraan roda dua (motor) maupun kendaraan roda empat (mobil). Itulah pengertian flasher menurut saya pribadi sesuai pengetahuan yang saya dapati.

Setelah saya menjelaskan tentang pengertian dari flasher tersebut, selanjutnya saya akan bahas inti daripada artikel yang saya tulis ini, yaitu cara membuat sendiri flasher lampu sein motor maupun mobil. Durasi flasher yang dihasilkan sesuai penerapan rangkaian seperti pada artikel yang saya tulis ini adalah sekitar 0.3 detik. Selanjutnya untuk mempermudah dalam melakukan pengerjaannya, pertama alangkah baiknya sahabat persiapkan terlebih dahulu alat-alat pendukungnya, silahkan sahabat siapkan alat-alat seperti dibawah, berikut peralatan-peralatannya:

1.   Solder
2.   Timah solder
3.   Tang jepit
4.   Tang potong
5.   Gunting, &
6.   Obeng – kecil

Jika peralatan diatas sahabat ada yang tidak memilikinya, itupun tidak masalah, yang terpenting adalah obeng – kecil atau yang lain sejenisnya, karena nantinya ini akan dipergunakan untuk membengkokan kaki-kaki dari relay tersebut agar rangkaian menjadi kencang dan rapi, terkecuali jika peralatan diatas lengkap, maka untuk mengencangkan dan merapikannya menggunakan solder,timah solder, tang jepit, tang potong & gunting.
Persiapan kedua silahkan sahabat persiapkan bahan-bahannya, antara lain:
 

1.   Relay 12Volt 5Pin
2.   Kapasitor/Elco 2200uf 16Volt
3.   Resistor 150 Ohm
4.   Dua potong kabel (Panjang kabel terserah selera sahabat), alangkah baiknya gunakan dua kabel dengan warna yang berbeda, seperti hitam & merah.

Semua bahan diatas dapat sahabat dapatkan ditoko-toko elektronika yang ada didaerah tingal sahabat, bahan-bahan diatas harganyapun cukup murah, harga dibawah yang akan saya rinci adalah harga kisaran, karena setiap toko pastilah berbeda-beda dalam melabel harga, berikut daftar harganya:
  •  Relay 1buah          : Rp. 10.000,-
  •  Kapasitor 1buah    : Rp.   2.000,-
  •  Resisitor 1buah     : Rp.      500,-
Jadi total harga semua bahan diatas adalah Rp. 12.500,-. Untuk kabel sahabat bisa mencari kabel bekas yang dapat sahabat ambil dari peralatan elektronik rusak yang sahabat miliki dirumah, jadi akan lebih menghemat anggaran, cukup murah bukan? Coba sahabat bandingkan jika sahabat membeli flasher original di bengkel-bengkel motor, harganyapun cukup mahal, yaitu bisa mencapai Rp.35.000,- sampai Rp.95.000,- atau bahkan lebih dari itu sesuai kualitas dan kapasitas, belum lagi ongkos pemasangannya, lumayan lah hee. Meski flasher yang akan kita buat harga bahan komponennya cukup murah, tapi insya Allah kualitas tidak kalah dengan flasher original yang dibuat pabrikan, hanya saja yang membedakan adalah tingkat kemasannya yang lebih rapi dan efisien.

Ok, setelah persiapan alat dan bahan telah komplit, selanjutnya kita beralih pada proses perangkaian, sebelum melakukan perangkaian dari beberapa bahan komponennya, silahkan sahabat perhatikan jalur rangkaiannya seperti pada skema dibawah, agar mudah dipahami dan agar nantinya sahabat tidak salah dalam merangkai, karena jika salah dalam perangkaian flasher tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya, silahkan sahabat perhatikan dahulu skema rangkaiannya.
 

Skema diatas cukup sederhana dan mudah dipahami, insya Allah sahabat pembacapun mudah memahaminya. Hasil perangkaian sesuai skema diatas adalah sebagai berikut, lihat tampilan gambar dibawah.


Bagaimana, rangkaiannya sangat sederhana bukan? Nah untuk kerapiannya silahkan bisa sahabat lakukan atau eksperimenkan sendiri, baik pada rangkaiannya yaitu menggunakan alat-alat yang telah dipersiapkan seperti diatas, maupun pada cover untuk membungkus rangkaian tersebut agar terlihat lebih rapi lagi, yang pasti akan lebih efisien jika rangkaian tersebut menggunakan cover jika dipasang pada kendaraan.

Cukup disini artikel yang dapat saya tulis mengenai pembahasan cara membuat sendiri flasher lampu sein motor maupun mobil ini, jika ada sahabat pembaca yang melihat kesalahan dalam penulisan baik pada artikel ini maupun semua artikel yang saya tulis pada blog ini, mohon koreksinya, agar dapat saya edit kembali, sahabat bisa memberitahukan kepada saya melalui komentar ataupun melalui tautan “Contact” yang ada pada blog ini. Terimakasih atas kunjungannya dan salam sukses.

0 komentar:

Post a Comment