Cara Membuat Agar Lampu Taman Dapat Mati & Menyala Otomatis


Alhamdulillah sahabat, akhirnya saya dapat berbagi artikel "Cara Membuat Agar Lampu Taman Dapat Mati & Menyala Otomatis" pada blog ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi semua sahabat pembaca, terkhusus bagi sahabat pembaca yang masih awam di bidang kelistrikan.

Sebelum sahabat membaca lebih jauh artikel ini, saya tuliskan apa sih kegunaan lampu taman selain digunakan sebagai penerangan? Lampu taman selain di gunakan sebagai penerangan, ini juga dapat menjadi keindahan tersendiri pada taman disekitar rumah yang kita miliki, keindahan ini akan dapat kita lihat pada saat datangnya malam hari, apalagi jika lampu taman ini kita letakan pada suatu tempat yang pas, seperti pada gambar di atas, disitu terlihat lampu taman yang terletak di tepi jalan dan berada tepat di sebelah tempat duduk, terlihat indah bukan? Di taman yang bersih dan penuh bunga, dilengkapi dengan remangnya lampu taman saat datangnya malam hari, dapat pula mendamaikan hati kita ketika berada di tempat tersebut, apalagi duduk bersama keluarga dan sanak saudara dengan hidangan teh atau kopi hangat, masya Allah sungguh indahnya dan nikmatnya suasana seperti ini. 

Jika membayangkan suasana keindahannya di sebuah taman yang di lengkapi dengan remangnya lampu taman tersebut, mungkin kita tak akan pernah bosan untuk terus membayangkan atau mungkin ingin terus berada di tempat tersebut, tapi kita harus ingat, di balik keindahan remangnya lampu taman tersebut, ada faktor pendukung yaitu sebuah energi listrik, jadi jika tanpa energi listrik maka lampu tamanpun tidak akan pernah bisa menyala dan tidak akan pernah dapat memberikan suasana keindahan pada taman rumah yang kita miliki, dari itu kita butuh yang namanya sumber energi listrik. 

Selain mengandalkan energi listrik untuk menyalakan lampu taman, apa lagi sih faktor pendukung untuk melengkapi instalasi lampu taman ini? Ok, inilah pembahasannya seperti yang telah di judulkan, yaitu dengan menambahkan Photocell (Saklar Sensor Cahaya) pada instalasi tersebut untuk keamanan, selain untuk keamanan, dengan adanya pemasangan photocell ini dapat sedikit meringankan beban pekerjaan kita di lingkungan rumah, jika awalnya kita menggunakan saklar biasa yang setiap kali harus menekan saklar secara manual untuk menyalakan lampu taman tersebut, maka dengan menggunakan photocell ini kita tidak perlu repot-repot lagi menyalakan lampu taman secara manual, bisa kita bayangkan, jika banyak lampu taman yang kita pasang di depan, samping kanan dan kiri serta belakang rumah kita, otomatis memerlukan beberapa saklar yang pastinya menambah pekerjaan dalam lingkungan rumah kita, maka akan semakin repot, tapi lain jika kita memasang photocell pada instalasi lampu taman kita, kita tidak perlu repot-repot lagi kesana kemari menekan saklar untuk menyalakan lampu taman secara manual, tapi lampu taman ini sudah dapat menyala otomatis ketika datangnya malam.

Mungkin sahabat bertanya-tanya, kok bisa? Maka saya jawab, "sangat bisa". Daripada penasaran, yuk simak sistem kerjanya, berikut sistem kerja dari photocell, sistem kerjanya adalah jika photocell terkena bias cahaya matahari maka relay di dalam modul photocell akan berada dalam posisi off sehingga membuat lampu taman mati, dan sebaliknya, jika photocell tidak terkena bias cahaya matahari maka relay di dalam modul photocell akan berada pada posisi on sehingga membuat lampu taman menyala, begitulah sistem kerja dari Photocell (Saklar Sensor Cahaya) ini, cukup sederhana bukan? 

Itulah "Cara Membuat Agar Lampu Taman Dapat Mati & Menyala Otomatis" yaitu menggunakan photocell untuk saklarnya. Nah, jika kita ingin memasangnya apakah kita bisa memasang sendiri tanpa harus memanggil teknisi khusus listrik? Jawabannya adalah sangat bisa, berikut skema pemasangannya.


Melihat skema di atas sangatlah sederhana, asalkan memiliki dasar kelistrikan maka siapapun kita bisa memasangnya sendiri tanpa harus memanggil teknisi khusus listrik yang dapat membuat kita mengeluarkan anggaran tersendiri untuk biaya pemasanganya. 

Sahabat bisa juga melihat cara pemasangannya disini (Lihat).

Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam pemasangan instalasi listrik adalah harus menggunakan safety, safety kelistrikan ini meliputi:

1. Sarung tangan
2. Sandal atau sepatu, &
3. Helm

Dan peralatan yang di butuhkan untuk pemasangan photocell ini antara lain sebagai berikut:


1. Tang
2. Obeng
3. Isolasi
4. Tespen, &
5. Tangga (Jika diperlukan)

* Disarankan! khusus siapapun kita yang ingin melakukan pekerjaan instalasi listrik tapi tidak memiliki dasar kelistrikan, maka panggilah teknisi khusus listrik yang ada di lingkungan kita agar terhindar dari resiko kecelakaan seperti tersengat arus listrik yang dapat menyebabkan kematian.

Bagi sahabat yang berminat untuk memasang photocell pada instalasi lampu taman yang sahabat miliki di rumah, sahabat dapat dengan mudah mendapatkannya di toko yang menyediakan alat-alat listrik terdekat, kisaran harga pasarannya adalah sebagai berikut, dari Rp.25.000,- s/d Rp.150.000,-, tinggi rendahnya harga bisa tergantung merk ataupun kualitas dari photocell tersebut.

Ok, sekian artikel dari saya, terimakasih atas kunjungannya dan salam sukses.
 

0 komentar:

Post a Comment